Keberpihakan Penulis

MATERI PEMBELAJARAN SISWA KELAS IX SMP/MTS.

SESUAI DENGAN PERMENDIKNAS NO. 34 TAHUN 2007

TANGGAL 7 NOVEMBER 2007

TAHUN 2008

 

Keberpihakan Penulis (2 x 45 menit)

Tentu kalian pernah membaca berita tentang artikel, opini, atau pendapat dari berbagai media cetak seperti surat kabar, majalah, buletin, dan lain-lain. Apakah kalian memperhatikan isinya dengan baik?

Apa yang ingin disampaikan oleh penulis atau pengarang berita tersebut, tentunya si penulis mempunyai tujuan dan kepentingan tertentu yang ingin disampaikan.

Kemana penulis atau pengarang berpihak dalam tulisan itu tentunya. Setiap Koran memiliki visi dan keberpihakan masing-masing, walaupun secara ideal hal ini (keberpihakan) sebenarnya harus dijauhi oleh institusi media. Ini bukan saja terjadi pada Koran yang partisan (misalnya di miliki oleh partai politik tertentu), tapi secara tersamar juga dipraktikkan oleh Koran yang dianggap nonpartisan. Kalau tulisan yang dikirim tidak sesuai dengan visi dan keberpihakan koran tersebut, pasti tidak akan dimuat atau tidak diterbitkan.

Setiap orang yang terbiasa membaca keseluruhan isi koran, lama-lama akan bisa menyimpulan tentang karakter, kecenderungan, dan keberpihakan media tertentu, entah dalam bidang social, politik, hokum, ekonomi, agama, budaya, pendidikan, dan lain-lain.

Namun, dari segi visi, hal ini tidak perlu dipandang dari segi negative, tapi dapat pula dikaji dalam pengertian yang lebih netral. Contohnya, koran yang mengusung visi globalisasi, lingkungan, atau pluralism, tentu saja akan menyediakan tempat yang lebih terbuka bagi artikel-artikel yang mempropagandakan isu-isu tersebut.

Keberpihakan penulis tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Contoh jika penulis artikel menulis tentang “Bea Siswa Penunjang Pendidikan” tentu gambaran keberpihakan penulis pada artikel itu adalah siswa atau penerima bea siswa dan dunia pendidikan tetapi untuk mengetahui lebih jelas lagi kita tidak bisa hanya melihat dari judulnya saja, melainkan dari isi tulisan itu artikel yang dapat kita buktikan dengan berbagai alasan menunjang tentang kemana keberpihakan penulis.

Sebagai bahan latihan, kerjakan tugas di bawah ini:

  1. Artikel Berbahasa
    1. Kemana keberpihakan penulis dalam artikel di atas?
    2. Berikan alasan yang dapat mendukung keberpihakan tersebut!
    3. Jelaskan tjuan keberpihakan penulis dalam teks di atas!
  1. Artikel
    1. Kemana keberpihakan penulis dalam artikel di atas?
    2. Berikan alasan yang dapat mendukung keberpihakan tersebut!
    3. Jelaskan tjuan keberpihakan penulis dalam teks di atas!

Sumber: LKS Jembatan Menjadi Siswa Aktif  Belajar KTSP Kalsel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s