Mengungkapkan Fakta, Pendapat, dan Simpulan Bacaan

MATERI PEMBELAJARAN SISWA KELAS IX SMP/MTS.

SESUAI DENGAN PERMENDIKNAS NO. 34 TAHUN 2007

TANGGAL 7 NOVEMBER 2007

TAHUN 2008

 

Mengungkapkan Fakta, Pendapat, dan Simpulan Bacaan (2 x 45 menit)

Fakta merupakan kenyataan atau realita. Suatu yang benar-benar ada dan terjadi. BUkan diada-adakan atau dibuat supaya ada tanpa adanya keterangan tambahan.

Fakta sangat erat hubungannya dengan peristiwa yang benar-benar terjadi. Banyak peristiwa yang terjadi dengan sebenarnya. Apabila suatu kejadian masih dalam rencana (belum terjadi) belum termasuk fakta.

Paragraf di bawah ini terdapat fakta seperti tercetak miring:

Karyawan bagian teknik telah mengantongi sertfikat uji kompetensi. Mereka tidak bersedia mengoperasikan mesin jika kondisinya tidak layak operasi. Ini bagian dari komitmen untuk menjaga dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Sekaligus mempertahankan standard an prestasi yang telah dicapai, antara lain, bendera emas tahun 2004 dari Depnaker untuk system manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3) dan proper biru dari Kementrian Lingkungan Hidup periode Januari 2004 – Mei 2005.

Sedangkan pada paragraph berikut ini mengandung opini seperti tercetak miring dan bagian akhir paragraph merupakan bentuk simpulan:

Keausan alat penggerus, sebut Khrisna, bakal berdampak pada penurunan produksi listrik. Ini karena penggerusan batu bara tidak berjalan sempurna. Sekedar diketahui, alat ini berfungsi menggerus batu bara dalam bentuk padatan menjadi debu yang langsung dipasok ke boiler. Jika gerusan tidak sempurna, hasil gerusan pun menurun dan banyak batu bara yang terbuang. Jadi, keausan alat gerus ini juga menyebabkan disefisiensi bahan baku.

Kegiatan pembelajaran:

  1. Diskusikan dengan temanmu kalimat yang berisi fakta, opini, serta simpulan pada teks bacaan di bawah ini!
  2. Buatlah daftar yang memuat fakta, opini, dan simpulan!
  3. Tentukan pula kalimat yang berisi opini penulis dan kalimat yang berisi fakta untuk mendukung opini tersebut!
  4. Hasil kerja didiskusikan secara klasikal untuk memperluas wawasan dan pemantapan penguasaan!

Sumber: LKS Jembatan Menjadi Siswa Aktif  Belajar KTSP Kalsel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s