The Seven Summit Of Indonesia

Jika dunia memiliki Seven summits yaitu tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua, maka Indonesia yang memiliki banyak sekali gunung dan pegunungan juga memiliki tujuh puncak tertinggi di setiap pulau/kepulauannya. Dengan dilatari hal tersebut maka saya ingin mengenalkan konsep “The Seven Summits of Indonesia”. Diharapkan dengan ada nya konsep tujuh puncak Indonesia ini, bisa lebih menggairahkan kegiatan pendakian gunung dan dengan sendirinya juga akan meningkatkan minat wisata alam bebas di Indonesia.

Konsep ini mengacu atau didasarkan pada puncak gunung/pegunungan yang tertinggi di tujuh pulau/kepulauan utama di Indonesia, pembagian menjadi tujuh pulau/kepulauan utama itu adalah sebagai berikut:

1. Pulau SumateraPulau ini adalah merupakan pulau besar utama, dan puncak tertingginya adalah Puncak Gunung Kerinci 3.805 m dari permukaan laut.

2. Pulau JawaPulau ini adalah merupakan pulau besar utama, dan puncak tertingginya adalah Puncak Gunung Semeru 3.676 m dari permukaan laut.

3. Kepulauan Sunda Kecil yang terdiri dari pulauBali/Lombok/Sumbawa/FloresKepulauan ini dianggap sebagai satu kesatuan kepulauan utama, dan puncak tertingginya adalah Puncak Gunung Rinjani 3.726 m dari permukaan laut

4. KalimantanPulau ini adalah merupakan pulau besar utama, dan puncak tertingginya adalah Gunung Bukit Raya 2.278 m dari permukaan laut. Kinabalu tidak termasuk kedalam kategori ini karena bukan berada di wilayah Indonesia

5. SulawesiPulau ini juga adalah pulau besar utama, dan puncak tertingginya adalah Puncak Gunung Rante Mario 3.430 m dari permukaan laut, puncak ini berada di pegunungan Latimojong

6. Kepulauan MalukuKepulauan ini juga dianggap sebagai satu kesatuan kepulauan utama. dan puncak tertingginya adalah Puncak Gunung Binaiya 3.027 m dari permukaan laut.

7. Pulau IrianPulau ini adalah merupakan pulau besar utamadan puncak tertingginya adalah puncak Cartenzs Pyramid 4.884 m dari permukaan laut.

Untuk lebih detail mengenai ke tujuh gunun tersebut diatas bisa dibaca pada setiap keterangan foto gunung-gunung tersebut.

Rekor dalamThe seven Summit of Indonesia

Seperti halnya seven summits dunia, banyak pendaki yang telah membukukan rekornya untuk tingkat dunia. The Seven Summits of Indonesia juga memiliki peluang untuk para pendaki membuat rekor-rekornya, dan sudah pasti rekor ini hanya untuk tingkat Indonesia. Rekor yang bisa dibuat didalam konsep “The Seven Summit of Indonesia” adalah sbb:

1-Rekor Tim pertama yang mencapai ke tujuh puncak tersebut.2-Rekor individu pertama yang mencapai ke tujuh puncak tersebut3-Rekor secara gender yang pertama mencapai ke tujuh puncak tersebut4-Rekor secara umur yang pertama mencapai ke tujuh puncak tersebut5-Rekor secara waktu kecepatan mencapai ke tujuh puncak tersebut.

Syarat-syarat agar rekor bisa diakui dan dicatat adalah:1- Pendaki yang klaim harus memiliki foto jelas dirinya berada dipuncak ke 7 gunung tersebut.2- Pendaki yang klaim harus memiliki foto dirinya berada disetiap jalur etape (pos-pos) pendakian hingga puncak.3- Pendaki yang klaim harus menuliskan dan menceritakan proses pendakiannya ke 7 puncak tersebut.

source: Facebook ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s