Penilaian Orang Lain

Kadang kita lupa untuk bersyukur. Merasa begini, begitu dan sebagainya. Menilai orang lain dengan ukuran ini, itu, dan sebagainya. Bareometer yang kita gunakan fluktuatif.

Ya.

Aku rasa demikian.

Mengapa? Karena manusia, sebagian besar menggunakan mesin barometer yang disebut dengan orang lain. Kita kadang menilai sesuatu dari pandangan orang lain. Baik dan buruk melalui orang lain. Namun, sayangnya, orang lain tidak selalu benar. Orang lain tidak selalu harus dituruti. Kita tersiksa kadang dengan ini, tapi kita terus melakukannya. Ini baru barometer kita terhadap apa yang ada pada diri kita dan kehidupan kita. Belum lagi kita terhadap orang lain.

Kadang, kita merasa tidak berkesesuaian dengan orang lain yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, apa yang kita bayangkan. Sesuatu itu berubah menjadi satu kalimat asyik menjengkelkan, “Rupanya dia begitu *begitu aja”. Kita kadang merasa tidak sesuai dengan orang lain saat mereka tidak seperti kita, atau tidak seperti yang kita harapkan. Sombong betul manusia ini..

Semua itu jelas bersinggungan dengan rasa syukur. Kita lebih memikirkan apa yang orang katakan mengenai kekurangan kita dengan seabrek barometer mereka. Kita lebih memikirkan kesetaraan aku-kamu daripada mensyukuri yang sudah ada. Semua itu terkadang menghabiskan banyak waktu kita. Karena omongan orang lain, karena penilaian orang lain..

Bukankah itu melelahkan? Tidakkah kita lelah?

Jawabannya? Kita sendiri yang tahu. Bagaimana menyikapi, juga memperbaikinya.

Best Regards,
Shinta Ayu Pratiwi
Meja Kerja; 04.01pm, 3 Maret 2012

note: Ketika wajah bertemu wajah, ketika rahasia kamu dan aku menjadi bias, ketika aroma ketidakpuasan menjadi aura nyata dalam kehidupan kita saat ini. Yah..semoga saja fikiran dari kuatnya aroma tadi itu hanya sebuah kesalahan firasat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s