To Be a Wonderful Wife. ♡

Oleh : Ibu Amalia
( Bidan, ibu 2 putri )

🍒🍒🍒🍒🍒🍒🍒🍒🍒

A. 13 Cara Merawat Vagina Agar Bersih dan Terhindar Dari Jamur

Daerah kewanitaan lebih rentan berbau tidak sedap dan terasa gatal. Ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan vagina. Alhasil, vagina seringkali mengalami infeksi bakteri atau jamur. Ingat! Daerah kewanitaan membutuhkan perawatan khusus setiap hari. Menjaga kebersihan vagina merupakan sebuah keharusan bagi setiap wanita. Boldsky.com memberikan beberapa tips sederhana untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan Anda. Yuk simak caranya!

  1. Jagalah kebersihan daerah genital dengan mencucinya setiap hari, terutama setelah buang air besar.

  2. Ketika sedang mandi, Anda harus membersihkan daerah klitoris dan uretra karena mereka memiliki sekresi. Gunakan sabun khusus untuk membersihkan daerah kewanitaan Anda.

  3. Hindari pakaian dalam yang terbuat dari sintetis atau poliester, karena mudah basah dan membutuhkan waktu lama untuk kering.

  4. Sebelum melakukan hubungan seks, cuci daerah genital terlebih dahulu. Cara ini membuat vagina tetap bersih dan menghilangkan bau.

  5. Setelah bercinta, cuci kembali daerah genital Anda. Bersihkan daerah kewanitaan secara intens dalam 20 menit untuk menghindari infeksi.

  6. Setelah mandi, biasakan untuk mengeringkan daerah kewanitaan Anda. Kelembaban membuat bakteri berkembang biak lebih cepat. Ganti celana dalam minimal dua kali sehari.

  7. Menghilangkan rambut kelamin secara rutin. Rambut kelamin yang terlalu lebat membuat vagina menjadi lembab. Itulah yang menyebabkan munculnya bau vagina dan infeksi bakteri.

  8. Selama menstruasi, ganti pembalut setelah 3-4 jam atau jika sudah basah. Hindari penggunaan tampon karena itu tidak higienis dan dapat menyebarkan bakteri atau meningkatkan pertumbuhan bakteri di vagina.

  9. Segera ganti celana dalam yang basah. Cobalah untuk menjaga daerah genital selalu kering.

  10. Hindari memakai celana yang ketat. Ini membuat kulit sulit bernafas sehingga daerah kewanitaan menjadi sangat lembab.

  11. Jika Anda rentan terkena infeksi kelamin, cucilah vagina dengan sabun pH setelah 2-3 kali buang air kecil.

  12. Jangan langsung duduk di toilet umum! Bersihkan permukaan toilet sebelum Anda duduk. Infeksi vagina lebih sering disebabkan karena toilet umum. Jangan menyiram toilet ketika Anda masih duduk di sana, karena bakteri dan kuman dari toilet “terbang” saat Anda melakukannya.

  13. Hindari makan daging terlalu sering karena bisa menyebabkan bau vagina. Untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan, Anda harus sering makan sayuran hijau, buah-buahan segar, dan minum 2 liter air setiap hari.

Cara ini juga membantu mencegah dehidrasi pada vagina. Bau vagina yang tidak sedap dapat menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Terlebih lagi, infeksi vagina juga mempengaruhi kualitas kehidupan seks Anda. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan vagina setiap hari.

T : ada kasus penggunaan panthyliner justru membuat keputihan
J : pada dasarnya, sebagus apapun merknya, semahal apapun harganya kalau penggunaannya tidak tepat justru ada negatifnya. Karena sayang harganya mahal akhirnya jadi jarang ganti panthy, seharian dipakai terus. Padahal kondisi ini justru menjadi sarang bakteri tumbuh dan menimbulkan masalah baru.

T : dikatakan selesai berhubungan harus dibersihkan, nah kalau kita sedang program memiliki anak biasanya setelah berhubungan tidak segera dibersihkan, berharap sperma masuk sempurna ke rahim
J : 5 menit cukup agar sperma masuk sempurna, setelah itu segera bersihkan miss v. Termasuk bersihkan liang senggama.

T : Cara membersihkan miss v yang benar
J : dari depan ke belakang. Dari arah miss v ke dubur. Bukan sebaliknya, agar bakteri dan kotoran di dubur tidak terbawa ke miss v

T : cairan kental seperti ingus, putih/keruh,  panjang dan tidak putus, bahaya?
J : normal, itu tanda wanita sedang pada masa subur

T : pemeriksaan kesehatan miss v perlukah?
J : kalau sudah menikah wajib periksa (papsmear) setidaknya 1 thn sekali. Jika belum menikah belum perlu.

T : miss v sehat warna apa?
J : kalau sehat warna merah muda. Kalau putih/pucat berarti kurang darah. Kalau merah dan disertai keluhan lain ada kemungkinan peradangan, periksa ke dokter

♡♡♡♡♡♡♡♡♡

B. Persiapan nutrisi sebelum kehamilan

Bukan saja mengenai perjalanan sembilan bulan yang menyenangkan akan tetapi juga perjalanan dalam persiapan kehamilan yang harus dipersiapkan. Modal utama yang tidak kalah penting dalam mempersiapkan kehamilan adalah asupan nutrisi yang mencukupi kebutuhan calon ibu hamil. Hal ini dikarenakan pada minggu pertama terjadinya pertumbuhan organ vital pada bayi dan ibu harus dapat mendukung nutrisi tersebut. Sesuai dengan panduan, ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang bervariasi dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak yang disesuaikan dengan kecukupan gizi harian calon ibu hamil. Selain itu perhatikan pula kebutuhan nutrisi lain yang sering kali terlupakan oleh ibu hamil.

Berikut adalah persiapan nutrisi sebelum kehamilan adalah sebagai berikut :

1.    Asam folat

Asam folat adalah salah satu yang bermanfaat untuk mempersiapkan kehamilan, meskipun sering kali terlupakan. Langkah pertama yang dapat anda persiapkan adalah dengan mencukupi kebutuhan asam folat berkisar hingga mencapai 400 mikrogram setiap harinya. Dalam melengkapi asan folat setiap harinya anda dapat memperoleh dari makanan alami dan vitamin sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Adapun sumber terbaik dari alam yang menyediakan asam folat adalah kandungan sayuran yang berdaun hijau, sitrus, kuning telur dan kacang kacangan. Dengan mempersiapkan kehamilan dengan cara mencukupi kebutuhan asam folat maka akan membantu dalam perkembangan dan juga metabolisme pada pembuahan. Selain itu asam folat sangat berfungsi dalam membantu ibu hamil dalam mengurangi resiko anak cacat bawaan dan penyakit yang berbahaya lainnya.

2.    Pilihan Asupan Makanan

Dalam mempersiapkan kehamilan perhatikan pula asupan makanan , benahi pola hidup anda dan menjaga makan makan sehat untuk kehamilan. Anda dapat meninggalkan makanan yang tidak sehat seperti junkfood yang mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Hindari pula mengkonsumsi makanan seperti keripik, minuman bersoda dan makanan tidak sehat lainnya. Sehingga dalam mempersiapkan kehamilan sebaiknya perbanyak mengkonsumsi protein dan vitamin. Vitamin alami sangat disarankan seperti kandungan buah-buahan, sayuran, kacang kacangan, gandum dan juga susu yang mengandung lemak yang rendah.

  1. Zat besi

Seringkali ibu hamil mengalami kelelahan, lesu dan berakibat pada kesehatan yang buruk pada ibu dan janin dalam mengantisipasi kondisi tersebut sebaiknya persiapkan kehamilan anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Makanan atau multivitamin yang mengandung zat besi akan membantu dalam persiapan kehamilan dan menghindari anemia yang sering kali dikeluhkan oleh ibu hamil.

4.    Membatasi Kafein

Batasi konsumsi kopi dan teh dikarenakan mengandung kafein yang dapat memperburuk kesehatan menjelang persiapan kehamilan. Rekomendasi dari pakar kesehatan bahwa mengawali kehamilan dapat dilakukan dengan batas mengkonsumsi kafein sebanyak 200 miligram, hal ini juga dapat dibatasi sampai kehamilan.

5.    Jauhi Alkohol

Penelitian menyebutkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol akan mengganggu kesuburan oleh karena itu mengkonsumsi alkohol sebelum dan selama kehamilan akan memperburuk kondisi kesehatan ibu dan janin.

6.    Tinggalkan Kebiasaan merokok

Hentikan kebiasaan merokok secara total ketika merencanakan kehamilan dan juga selama kehamilan. Perokok pasif sama bahayanya dengan perokok aktif oleh karena itu sebaiknya minta suami anda untuk menghentikan kebiasaan merokok.

7.    Menjaga Berat Badan yang Ideal

Menjaga berat badan yang ideal adalah cara terbaik salah satunya dengan makan makanan yang sehat dan juga tidak terlalu gemuk atau kurus. Dalam mencapai berat badan ideal menjelang kehamilan rajinlah melakukan olahraga sehingga dapat hidup yang sehat.

T : penambahan berat badan ideal selama hamil
J : penambahan 6- 20kg dari bb awal. Atur pola makan yang dikonsumsi. Tidak selalu penambahan bb ibu berbanding lurus dengan bb bayi saat lahir. Kalau penambahan bb ibu tinggi tapi bayi lahir tidak terlalu besar kemungkinannya karena ibu terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Lalu bagaimana? Bayi dalam kandungan itu pintar, ia hanya akan mengambil yg diperlukan. Oleh karena itu ibu hamil harus memperhatikan pola makannya, karbo sedikit saja, diperbanyak protein, vitamin dan yang lainnya. Agar penambahan bb ibu berbanding lurus dengan penambahan bb bayi

T : persiapan gizi hamil sebelum menikah
J : sebelum menikah perhatikan 3 hal berikut
1. Minim 3 bulan sebelum menikah perbanyak komsumsi vitamin E (kacang2an, telur, nature E) . Vit E bisa meningkatkan kesuburan, sel telur lebih terjaga, hormon progesteron lebih bagus
2. Rilex. Jangan stres
3. Pastikan kita dan (calon) pasangan tidak memiliki penyakit kelamin & menular. Kalau perlu tes kesehatan sebelum menikah. Kurang lebih 500rb. Kalau untuk pesta pernikahan kita mau merogoh kantong yang tidak sedikit, seharusnya untuk urusan yang penting & jangka panjang seperti ini juga jangan sayang mengeluarkan uang.

T : berat badan minimal untuk hamil ? Orang gemuk tidak bisa hamil ?
J : tidak ada berat badan minimal, tapi biasanya akan diperiksa lingkar lengannya untuk memastikan ibu bergizi baik. Kurus atau gemuk tidak mempengaruhi kesuburan

T : tadi disampaikan saat hamil setidaknya mengkonsumsi minimal 1 telur/hari. Apa tidak menyebabkan kolesterol atau bisul?
J : kalau bisul mungkin memang karena alergi yang muncul 2 jam setelah mengkonsumsi. Kalau kolesterol tinggi berarti mengkonsumsi telurnya terlalu berlebihan. Batasi. Tapi tetap harus mengkonsumsi karena saat hamil butuh protein dan kebaikan dari telur

T : haid tidak teratur pengaruhi kesuburan?
J : pelajari pola dan siklus haid kita. Bisa 35 hari, bisa 28 hari.  Perhatikan selama 3 x haid berturut2.  Haid juga dipengaruhi karena pikiran. Jika stres ada 2 kemungkinan. Haid bs banyak (lebih dari 1x sebulan) atau bahkan tidak haid. Dulu ada kasus 1 angkatan asrama sma para siswinya 6 bln tidak haid, bkn karena hamil tapi karena stres beradaptasi dengan asrama.

T : tips lahir normal
J : salah satunya dengan memperbanyak sujud terutama di trimester 3 kehamilan (7-9bln) agar posisi kepala bayi bisa di bawah. Posisi sujud tidak persis sama seperti sujud saat shalat. Posisi pantat dan punggung seperti sujud sholat, kepala miring dengan salah satu pipi menempel di lantai, posisi siku sampai telapak tangan menempel di lantai.

♡♡♡♡♡♡♡♡♡

*catatan ini di share di grup #ODOJ2141🙂
Selamat mempersiapkan diri menjadi ibu yang luar biasa buat Warga Blogger sekalian🙂

Yang cewek lho yaa :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s